Tokyo Game Show 2021 Digelar Online, Pertama Kalinya Pakai VR

Recent articles

Gamelogue.id, Jakarta – Pandemi Covid-19 yang masih belum reda bikin penyelenggara pameran game tahunan Tokyo Game Show (TGS) kembali digelar secara online tahun ini.

Namun, kali ini ada yang berbeda. Meskipun digelar secara online, pengunjung tetap bisa rasakan sensasi berkunjung langsung ke TGS 2021. Yaitu dengan bantuan teknologi virtual reality (VR) lewat beberapa perangkat VR yang mendukung.

Dengan hadirnya VR ini, pihak penyelenggara yakin bahwa penggemar tetap bisa nikmati pameran yang bakal digelar secara online mulai 30 September, seperti berjalan-jalan di venue TGS 2021 secara nyata.

Pihak penyelenggara Tokyo Game Show (TGS) 2021, Computer Entertainment Supplier’s Associaction (CESA), juga secara resmi umumkan jadwal pameran game tahunan itu.

Menurut CESA, penggunaan teknologi VR di sebuah event sebetulnya adalah eksperimen yang bisa dipakai untuk event serupa di masa mendatang.

Untuk bisa ikutan TGS 2021 lewat teknologi VR ini, pengunjung perlu kacamata VR yang support. Seperti Oculus Quest 1, Oculus Quest 2, Oculus Rift, dan HTC Vive.

Pengguna Oculus Quest 1 dan Oculus Quest 2 bisa saksikan TGS 2021 langsung dari perangkat tanpa harus tersambung ke komputer (PC), dengan syarat koneksi internet minimal 20 Mbps.

Sementara pengguna Oculus Rift dan HTC Vive, harus menyambungkan perangkatnya dengan PC Windows 10/macOS agar bisa nikmati TGS 2021 secara virtual. Adapun spesifikasi minimal PC yang harus dipenuhi ialah sebagai berikut.

Oculust Rift/HTC Vive

  • Perangkat: Oculus Rift/Rift S, Oculus Link, HTC Vive
  • OS: Windows 10
  • CPU: Intel Core i5-7500 ke atas
  • GPU: Nvidia GeForce GTX 1060 ke atas
  • RAM 8 GB ke atas
  • Storage: 10 GB ke atas
  • Koneksi internet: 20 Mbps ke atas

CESA belum menjelaskan lebih lanjut bagaimana cara untuk nikmati TGS 2021 secara VR. Namun, penggemar bisa melihat informasi selengkapnya tentang TGS 2021 VR di link berikut https://tgsvr.com/en/.