Tayang 17 Tahun Lalu, Begini Video Pertama yang Diunggah di YouTube

Recent articles

Gamelogue.id, Jakarta – YouTube, platform berbagi video terpopuler, menginjak usia 17 tahun pada 2022 ini. Platform ini pertama kali dirilis pada 14 Februari 2005 dan buka layanan beta buat publik pada bulan Mei 2005.

Meski buka layanan beta pada Mei 2005, ternyata video pertama yang hadir di YouTube tidak diunggah pada bulan yang sama, tetapi pada tanggal 24 April 2005. Video berjudul “Me at the zoo” adalah video pertama yang diunggah ke YouTube.

Video berdurasi 19 detik tersebut diunggah oleh akun bernama Jawed, yang tidak lain adalah Jawed Karim, salah satu co-founder dari YouTube. Jawed bersama dua orang temannya, yaitu Chad Hurley dan Steve Chen adalah para pendiri platform YouTube.

Pengambilan video pertama YouTube itu juga tidak dilakukan dengan peralatan yang canggih dan beresolusi kecil. Di YouTube, video ini bisa diputar dengan resolusi paling tinggi cuma 240p. Video itu berisi Jawed yang tampak sedang berjalan-jalan di sebuah kebun binatang. Diketahui itu adalah sebuah kebun binatang yang berada di San Diego, AS.

Dalam video itu, Jawed lalu berkomentar tentang seekor gajah yang ada di kebun binatang tersebut. “Baiklah, saat ini kita sedang berada di depan gajah, dan yang paling keren dari binatang ini adalah mereka memiliki belalai yang sangat, sangat, sangat, panjang. Dan itu saja yang bisa kukatakan.”

Video itu sudah ditonton sebanyak 228 juta lebih pengguna, dan dapatkan komentar serta like sebanyak 11 juta lebih sejak penanyangannya pada April 2005. Selain itu, akun Jawed juga tidak pernah unggah video lain selain “Me at the zoo” tersebut.

Sampai saat ini, masih banyak pengguna YouTube yang mau lihat video pertama YouTube tersebut. Bertepatan dengan 17 tahun video itu diunggah ke YouTubebanyak pengguna juga yang ucapkan selamat di kolom komentar.

Perlu diketahui, Jawed Karim sempat sunting deskripsi video “Me at the zoo” pada tahun lalu. Ternyata yang ditulis oleh Jawed Karim bukanlah sebuah deskripsi video, tetapi sebuah kritik buat kebijakan YouTube.

Diketahui YouTube hilangkan tampilan jumlah angka dislike. Hanya pembuat konten video yang bisa lihat jumlah dislike yang diterima konten miliknya di aplikasi YouTube Studio.

Sedangkan penonton tidak bisa lihat jumlah dislike yang ada di sebuah video di YouTube. Kebijakan ini rupanya bukan cuma memancing respon dari para pengguna dan pembuat konten saja, tetapi juga dari salah satu pendiri YouTube.

Tidak ada satupun pembuat konten di YouTube yangberpikir bahwa menghilangkan jumlahdislike adalah hal yang baik bagi YouTube ataupunpembuat konten di YouTube,” tulis Jawed di deskripsi video “Me at the Zoo”.