Sony Pamerkan Desain PlayStation VR2

Recent articles

Gamelogue.id, Jakarta – Sony umumkan desain perangkat PlayStation VR, PlayStation VR2 (PS VR2), generasi terbaru buat konsol PlayStation 5 (PS5). Sedangkan spesifikasi perangkat ini sudah diumumkan pada awal 2021 lalu.

Desain PS VR2 ini sekilas tidak jauh berbeda dengan seri pendahulunya. Tapi, ada beberapa perubahan yang dihadirkan Sony. Misalnya dari warnanya, PS VR2 dibalut dengan warna dominan putih dengan aksen warna hitam, lain dengan PS VR generasi pertama yang dibalut dengan warna dominan hitam. 

Menurut Sony, warna putih yang dominan ini diterapkan supaya perangkat itu punya desain yang senada dengan PS5. Selain itu, bentuk PS VR2 juga tampak sedikit lebih ringkas dan minimalis dibanding PS VR generasi pertama.

Bagian depan perangkat VR tersebut, kini tampak lebih membulat dan cekung dibanding PS VR generasi pertama. Lalu, dua buah controller pendamping yang bernama PS VR2 Sense, juga punya desain membulat, tidak berbentuk seperti “tongkat” seperti di PS VR generasi pertama.

Sony klaim desain cekungan dan membulat ini sebagai gambarkan lingkungan virtual yang bakal bisa dilihat pengguna 360 derajat. Selain desainnya yang sedikit dirombak, PS VR2 dan PS VR2 Sense juga kini dibekali dengan logo “PlayStation” bertekstur yang biasa ditemui di konsol PS5 dan controller DualSense.

PS VR2 dibekali dengan layar OLED 4K HDR (2.000 x 2.040 piksel) yang support refresh rate 90-120 Hz. Headset VR tersebut punya bidang pandang sampai 110 derajat.

Sony juga bekali PS VR2 dengan tiga teknologi terbaru, seperti Eye Tracking, headset feedback, dan Tempest 3D Audio. Teknologi Eye Tracking ini hadir lewat empat buah kamera yang ada di bagian bodi PS VR2. Deretan kamera ini diklaim mampu lacak dan deteksi gerakan mata pengguna saat pakai perangkat.

Lalu teknologi headset feedback yang bikin pengguna bisa rasakan sensasi gerakan yang lebih nyata saat pakai PS VR2, tentunya dibantu dengan beragam sensor pendukung lainnya. Ada juga Tempest 3D Audio, fitur ini diklaim bisa bikin suara di sekitar pemain seakan-akan jadi lebih hidup.

Selain PS VR2, controller PS VR2 Sense juga dibekali dengan fitur haptic feedback dan adaptive triggers, seperti yang ada di PS5. Sama seperti controller Dual Sense, kedua fitur tersebut diklaim bisa tambah pengalaman bermain dan interaksi di game jadi lebih realistis.

Untuk konektivitas sendiri, PS VR2 pakai rangkaian port Bluetooth 5.1 dan port USB Type-C untuk bisa hubungkan perangkat ke PS5 dan controller. Meski desain dan spesifikasinya sudah diungkap, sampai saat ini Sony belum beberkan tanggal perilisan serta harga PS VR2.