Sony Mau Selipkan Iklan di Game PlayStation 5

Recent articles

Gamelogue.id, Jakarta – Sebelumnya Microsoft dikabarkan sedang kembangkan sistem untuk sisipkan iklan Xbox, kini giliran Sony yang dirumorkan tengah melakukan hal yang sama ke game gratis yang ada di PlayStation 5 (PS5).

Sepertinya, kedua konsol populer itu lagi cari cara supaya bikin gamer konsol bisa jadi target pasar buat para pengiklan. Langkah ini juga diharapkan agar para developer game lebih berminat buat bikin game gratis, karena bisa jadikan iklan sebagai pemasukan untuk game mereka.

Lewat sistem iklan tersebut, nantinya iklan bisa ditampilkan di antarmuka konsol, atau bisa juga di menu game. Developer game juga bisa selipkan iklan di mana pun di lingkungan game, contohnya seperti papan iklan yang ditampilkan di game.

Iklan seperti ini memang bukan hal baru, tapi bisa lebih luas penggunaannya kalau Sony dukung hal ini sampai level platform. Dengan sistem seperti ini, gamer bisa saja dapatkan “imbalan” tertentu dengan menonton iklan, contohnya seperti yang ada di game mobile.

Developer game bisa jual slot iklan itu secara privat, dan sejauh ini Sony belum putuskan apakah mereka bakal tetapkan pajak buat pemasukan dari iklan itu. Lain dengan Microsoft yang sudah pastikan kalau mereka tidak akan ambil keuntungan dari pemasukan iklan itu.

Namun, kalaupun Sony nantinya tidak ambil untung dari iklan itu, mereka bisa saja jual data pengguna ke para pengiklan. Misalnya, apa yang dilakukan pemain setelah mereka lihat sebuah iklan. Menurut seorang sumber, data itu harusnya tidak menyertakan nama pemain ataupun alamat emailnya. Sony pun bakal saring para klien iklannya dengan ketat.

Rencana tentang game PlayStation yang berbayar lewat iklan sebenarnya sudah muncul sejak Sony luncurkan PS5 pada akhir 2020 lalu. Namun, malah Microsoft yang bakal lebih dulu terapkan rencana ini di Xbox pada Q3 2022, sedangkan Sony tampaknya baru bakal terapkan hal ini di akhir 2022.