Sony Luncurkan Layanan PS Plus Baru, Mirip Xbox Game Pass

Recent articles

Gamelogue.id, Jakarta – Sony luncurkan layanan berlangganan PlayStation Plus (PS Plus) baru yang bikin pelanggan bisa mainkan ratusan game yang ada di konsol PlayStation 4 (PS4) dan PlayStation 5 (PS5) secara gratis. Layanan PS Plus terbaru ini juga bikin pengguna bisa streaming game yang sebelumnya ada di konsol PSP, PS2, PS3, dan PS4, dan memainkannya langsung di konsol PS4 dan PS5 mereka tanpa perlu diinstal.

Sebelumnya, layanan PS Plus cuma hadirkan sedikitnya dua game gratis yang bisa diunduh tiap bulan, diskon khusus di PlayStation Store, serta cloud storage untuk penyimpanan data game. Layanan ini tampaknya bakal mirip dengan layanan berlangganan yang dimiliki pesaing, yaitu Xbox Game Pass, yang hadirkan beberapa game gratis dan streaming game buat para pengguna konsol game Xbox dan PC.

Menurut CEO PlayStation, Jim Ryan, layanan berlangganan PS Plus terbaru bakal dibagi jadi tiga level dengan penamaan baru, yaitu PS Plus Essential, PS Plus Extra, dan PS Plus Premium.

PS Plus Extra dan Premium merupakan evolusi dari PS Plus ‘reguler’. Dengan adanya level PS Plus terbaru ini, kami ingin fokus memberikan pengalaman bermain game terbaik melalui ratusan game dan konten yang kami miliki,” kata Jim.

PS Plus Essential sendiri perubahan nama dari layanan PS Plus reguler yang sudah ada sejak 2010 lalu. Sedangkan PS Plus Extra adalah layanan berlangganan PS Plus Essential yang ditambah dengan ratusan game gratis yang bisa dimainkan pengguna. Kemudian, PS Plus Premium adalah gabungan dari layanan PS Plus Extra dan layanan streaming game PlayStation Now (PS Now).

Ketiga layanan berlangganan terbaru PS Plus ini bakal hadir sekitar Juni 2022 di beberapa wilayah, mulai dari Asia dan diikuti dengan Amerika Utara, Eropa, dan wilayah lainnya. Namun, tidak disebutkan secara detail kapan tanggal peluncuran layanan berbayar tersebut.

Adapaun informasi lengkap terkait perbedaan dan keuntungan yang ditawarkan ketiga level layanan berlangganan PS Plus terbaru ini, berikut harga berlangganannya adalah sebagai berikut.

PS Plus Essential

  • Pengguna bakal bisa akses multiplayer, sedikitnya dua game gratis tiap bulan, diskon khusus di PlayStation Store, dan cloud storage untuk data game yang sudah di-save.
  • Untuk harga berlangganannya dimulai dari US$ 9,99 (sekitar Rp143.000) per bulan, US$ 24,99 (sekitar Rp358.000) per tiga bulan, dan US$ 59,99 (sekitar Rp860.000) per 12 bulan.

PS Plus Extra

  • Pengguna bakal dapatkan seluruh benefit PS Plus Essential, ditambah dengan sekitar 400 game PS4 dan PS5 gratis yang bisa diunduh dan dimainkan secara gratis tanpa membelinya.
  • Untuk harga berlangganannya dimulai dari US$ 14,99 (sekitar Rp215.000) per bulan, US$ 39,99 (sekitar Rp573.000) per tiga bulan, dan US$ 99,99 (sekitar Rp1,4 juta) per 12 bulan.

PS Plus Premium

  • Pengguna bakal dapatkan semua keuntungan PS Plus Extra, ditambah dengan 340 game ikonik yang dirilis di PSP, PS2, dan PS3 yang bisa dimainkan secara gratis.
  • Pengguna bakal bisa nikmati layanan streaming game yang sebelumnya ditawarkan di layanan PS Now. Artinya, ratusan game gratis tadi bisa dimainkan secara langsung lewat internet tanpa harus menginstalnya di media  penyimpanan konsol PS4 atau PS5.
  • Dapatkan akses uji coba game gratis secara terbatas sebelum pengguna membeli game yang diinginkan.
  • Untuk harga berlangganannya dimulai dari US$ 17,99 (sekitar Rp258.000) per bulan, US$ 49,99 (sekitar Rp717.000) per tiga bulan, dan US$ 119,99 (sekitar Rp1,7 juta) per 12 bulan.

PS Plus Deluxe

  • Sony sebenarnya hadirkan layanan PS Plus lainnya yang bernama PS Plus Deluxe yang bakal hadir di beberapa negara yang tidak ada layanan PS Now, bisa jadi termasuk Indonesia.
  • Keuntungan yang ditawarkan layanan PS Plus Deluxe serupa dengan PS Plus Premium (tanpa streaming game), tapi dengan harga yang lebih murah.
  • Karena tidak bisa streaming game, pengguna harus unduh setiap game gratis yang ditawarkan terlebih dahulu sebelum mereka memainkannya.
  • Adapun harga berlangganan PS Plus Deluxe tidak disebutkan dan bakal berbeda di tiap pasar.