Sempat Dilarang, Cina Akhirnya Berikan Lagi Izin Buat Industri Game

Recent articles

Gamelogue.id, Jakarta – Setelah sembilan bulan dijeda terkait perizinan yang bikin industri game asal Cina gelisah, regulator Cina akhirnya mulai putuskan peraturan baru buat game domestik sehingga bisa diterbitkan di dalam negeri lagi.

The National Press and Publication Association(regulator kebudayaan China untuk publikasi berita, cetak, dan web) akhirnya berikan izin buat 45 judul game pada hari Senin (11/4). Game-game tersebut adalah batch pertama game yang diizinkan sejak Juli lalu.

Sementara berita tersebut jadi angin segar buat industri game Cina, persetujuan datang terlambat untuk 14.000 perusahaan game yang batalkan pendaftaran selama pembekuan. Jeda persetujuan pengaturan rekor terakhir adalah pada 2018, yang berlangsung selama sepuluh bulan.

Hal itu jadi faktor berkurangnya volatilitas harga saham baru-baru ini. Investor baru-baru ini khawatir tentang peningkatan pembatasan tentang berapa lama anak di bawah umur diizinkan main game.

September lalu, raksasa game asal Cina, Tencent dan NetEase, bahkan kehilangan nilai saham senilai $60 miliar. Itu delapan Bethesdas, atau hampir satu seluruh Activision Blizzard. Hari ini, saham NetEase dan Bilibili (perusahaan hosting video asal Cina yang juga penerbit game) naik 8% .

Salah satu alasan mengapa persetujuan baru ini begitu lama adalah karena pembatasan konten yang lebih ketat buat game yang bisa diakses oleh anak di bawah umur. Orang tua di Cina khawatir jika game mobile yang dimainkan oleh anak mereka bisa berdampak negatif pada masa depan dan kebiasaan anak-anak mereka.

Fenomena ini bahkan menimbulkan pasar abu-abu untuk menyewa akun hampir seminggu kemudian, yang bikin anak di bawah umur bisa hindari batasan waktu untuk bisa mainkan game populer, seperti Honor of Kings .

Karena hanya sekitar 1.200 lisensi game yang diberikan setiap tahun, developer game China didorong untuk tingkatkan kualitas game mereka.

Peraturan itu bikin para developer game Cina jadi lebih bersaing, dan beberapa perusahaan yang cerdas sudah memasuki pasar gamer yang mencari pengalaman premium dan kaya cerita untuk bersaing dapatkan lisensi. Namun, developer game indie yang lebih kecil harus berjuang lebih keras dengan perubahan arus yang konstan dalam peraturan yang berlaku.

Cuma 45 lisensi yang sudah diberikan sejauh ini, yang masih merupakan persentase kecil dari jumlah total game yang diizinkan buat diterbitkan di Cina setiap tahunnya. Semoga saja NPPA bisa menyamai atau melampaui sekitar 1.200 persetujuan yang khas untuk badan tersebut.