Seminggu Dirilis, Pokémon Unite Tembus 25 Juta Unduhan

Recent articles

Gamelogue.id, Jakarta – Game Pokémon Unite tembus 25 juta kali diunduh dalam waktu seminggu setelah dirilis di iOS dan Android. Game resmi rilis di mobile pada 22 September lalu, setelah lewati masa pra registrasi. Selama itu, jumlah pendaftarnya sudah tembus angka 9 juta.

Game dengan genre MOBA ini sebelumnya sudah hadir lebih dahulu di Nintendo Switch, tepatnya sejak Bulan Juli 2021. Game ini dengan cepat dapatkan popularitasnya karena punya gameplay MOBA yang unik.

Pokémon Unite tidak berorientasi pada penghancuran tower seperti game MOBA pada umumnya, namun saling beradu untuk dapatkan skor tertinggi sampai akhir permainan.

Evolusi Pokémon

Hal ini jadi salah satu yang tidak dimiliki oleh game MOBA lainnya. Beberapa karakter di game Pokémon Unite bisa berubah atau berevolusi jadi Pokemon dengan level lebih tinggi. Semakin tinggi evolusi Pokemon, semakin kuat juga kemampuan yang dari Pokémon tersebut.

Aturan Main di Pokémon Unite

Di MOBA pada umumnya, pemain diwajibkan untuk hancurkan markas lawan untuk menangkan permainan, hal ini tidak berlaku di game Pokémon Unite. Untuk menangkan pertandingan, kedua tim akan diisi oleh 5 orang (5 vs 5) yang bersaing untuk dapatkan skor tertinggi dengan cara kumpulkan Aeos Energy dan dimasukkan ke goal zone lawan.

Tipe Pokémon

Karena game ini berbasis 5 vs 5, The Pokemon Company sebagai developer game ini hadirkan 5 kelas Pokémon yang berbeda, dengan tujuan agar para pemain bisa bekerjasama untuk menangkan permainan. Setiap kelas punya kemampuannya tersendiri, adapun kelas-kelas Pokémon tersebut ialah sebagai berikut.

  • Attacker: Pokemon yang masuk di kelas ini punya kemampuan untuk berikan damage yang besar, tapi kurang dalam hal ketahanan karena jumlah health point yang sedikit.
  • Speedster: Pokémon tipe ini mengutamakan kecepatan, jadi punya mobilitas yang tinggi dengan daya jelajah yang lebih luas. Pokémon seperti ini efektif untuk berikan serangan kejutan agar bisa dapatkan poin.
  • All-Rounder: Di game MOBA lain, All-Rounder adalah sebutan untuk seorang Offlaner. Pokémon tipe ini punya statistik ofensif dan daya tahan yang seimbang, sangat cocok untuk main solo dan menyisir jalur atas atau bawah area (map) permainan.
  • Defender: Pokémon tipe ini punya daya tahan tinggi dan unggul dalam lindungi sekutu untuk menahan serangan lawan. Tipe pokemon ini biasanya ada di dekat attacker karena punya health point lebih rendah. Singkatnya, tipe Pokemon ini adalah tank yang lindungi core dari serangan musuh.
  • Supporter: Tipe Pokémon yang berikan dukungan untuk tim dengan kemampuannya dalam kendalikan crowd control, seperti stun, knock up ataupun healing. Biasanya, Pokemon tipe supporter bakal berada di sekitar attacker dan defender.