Rockstar Games Bakal Rilis GTA V Versi PS5

Recent articles

Gamelogue.id, Jakarta – Rockstar bakal bawa game Grand Theft Auto (GTA) terbarunya ke PlayStation 5 (PS5) dan Xbox Series X/S. Bukan GTA 6, tapi masih GTA V yang pertama kali dirilis pada sembilan tahun lalu, yaitu pada 17 September 2013.

GTA V ini sudah diperbarui untuk bisa manfaatkan keunggulan spesifikasi di konsol generasi terbaru tersebut. Versi digital bakal hadir pada 15 Maret, sedangkan versi fisiknya mulai dijual pada April, sementara pemesannya dibuka mulai 8 Maret.

Untuk versi GTA Online-nya bakal tersedia secara gratis di PS5 sampai Juni 2022. Pemain yang sebelumnya sudah mainkan GTA V bisa transfer save game di story mode ke versi terbaru ini.

Caranya dengan pilih “Upload Save Game” di opsi “game” pada menu pause, yang bakal simpan file tersebut di Rockstar Games Social Club. Lalu file itu bisa diunduh di GTA V versi baru dalam kurun waktu 90 hari setelahnya.

Sedangkan pencapaian di GTA Online bakal dimigrasi secara otomatis untuk pemain yang punya akun Social Club. Migrasi data ini termasuk karakter, jumlah uang, statistik, kendaraan, senjata, baju, dan lain sebagainya. Akan tetapi perlu diingat, bahwa uang dalam game yang dibeli lewat transaksi mikro di PS tidak bisa dipindah ke Xbox, begitu pun sebaliknya.

GTA V versi baru ini bakal support permainan di resolusi 4K dengan frame rate sampai 60fps, ray tracing, HDR, loading yang lebih cepat, dan 3D audio. Bakal ada juga peningkatan di kepadatan dan variasi pejalan kaki, lalu lintas, tanaman, pencahayaan, refleksi air, tekstur, dan lain sebagainya. Selain itu, versi PS5 ini juga bakal support haptic feedback dan adaptive trigger di DualSense.

Ada tiga mode kualitas gambar yang tersedia. Pertama mode Fidelity, di mana game bakal berjalan di resolusi native 4K dengan frame rate 30fps dengan ray tracing. Lalu mode Performance, yaitu dengan resolusi upscale ke 4K dan kurangi ray tracing untuk dapatkan frame rate 60fps.

Lalu ada mode Performance RT, di mana ray tracing bakal dinyalakan dengan resolusi upscale 4K dengan target frame rate 60fps, tapi mungkin frame rate-nya tidak akan stabil.