Resmi Dirilis, Begini Spesifikasi Asus 8z

Recent articles

Gamelogue.id, Jakarta – Asus luncukan ponsel terbarunya, yaitu Asus 8z. Ponsel seri terbaru ini tidak lagi pakai nama “Zenfone”. Selain itu, Asus 8z bawakan spesifikasi kelas atas dengan spesifikasi yang tinggi, salah satunya di sektor chipset.

Asus sendiri rilis Asus 8z di India, ponsel ini sebenarnya sudah dibocorkan Asus sejak Agustus tahun lalu, tetapi baru kali ini dirilis ke pasaran. Ponsel ini juga disebut-sebut mirip dengan Zenfone 8 yang dirilis perusahaan secara global. Karena, spesifikasinya cukup mirip, kecuali opsi RAM pada Zenfone 8 yang lebih banyak.

Asus 8z hadir punya layar S-AMOLED 5,9 inci dengan resolusi FHD+, aspect ratio 20:9, kecerahan 1.100 nits, HDR10 dan HDR10+. Layar Asus 8z ini support refresh rate sampai 120 Hz dan dilindungi lapisan Gorilla Glass Victus.

Layar Asus 8z terdapat lubang atau punch hole sebagai wadah kamera depan 12 MP dengan sensor Sony IMX663. Sedangkan di bagian belakangnya dihiasi dengan modul kamera berbentuk persegi panjang dengan sudut membulat.

Modul tersebut mewadahi dua kamera, yaitu kamera utama 64 MP (f/1.8) yang didukung OIS 4-axis dan kamera ultra wide 12 MP yang juga pakai sensor Sony IMX363. Fitur fotografi yang ada ponsel ini yaitu EIS 3-axis, motion tracking, slow motion 120 fps, resolusi 4K, dan perekaman video sampai resolusi 8K.

Untuk dapur pacunya, Asus 8z ditenagai oleh chipset Snapdragon 888 buatan Qualcomm yang diproduksi dengan arsitektur 5 nm. Chip ini dikombinasikan dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Akan tetapi, Asus tidak sediakan slot microSD, jadi pengguna tidak bisa memperluas penyimpanan pakai memori eksternal.

Asus 8z punya baterai berkapasitas daya 4.000 mAh dengan fitur pengisian ulang cepat 30 W. Ponsel ini juga dilengkapi dengan sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan dari air dan debu.

Selain itu, ponsel ini juga bawakan fitur lain, seperti dukungan kartu SIM ganda, 5G, WiFi 6, bluetooth 5.2, GPS, USB tipe C, dual speaker stereo, dan jack audio 3,5 mm. Asus 8z berjalan dengan antarmuka Zen UI dan sistem operasi Android 11.

Untuk harganya, Asus 8z dengan RAM 8 GB/ 128 GB dibanderol dengan harga 42.999 rupe (sekitar Rp8,2 juta). Ponsel ini tersedia dalam warna Obsidian Black dan Horizon Silver dan bakal tersedia pada 7 Maret mendatang.