Lindungi Keamanan Pengguna, Google Hapus Ratusan Ribu Aplikasi Jadul di Play Store

Recent articles

Gamelogue.id, Jakarta – Google bakal hapus aplikasi jadul yang ada di toko aplikasi Play Store. Langkah ini bakal kurangi hampir sepertiga aplikasi yang ada di Google Play Store.

Hal yang dilakukan Google ini mirip sama Apple yang hapus aplikasi yang tidak diperbarui selama dua tahun di App Store. Jika Apple hapus sekitar 650.000 aplikasi, maka Google bakal hapus 869.000 aplikasi.

Google bakal sembunyikan aplikasi tidak diperbarui itu, sampai pengguna tidak bakal bisa temukan sampai developer aplikasi bakal berikan update. Alasan lainnya mengapa Google hapus aplikasi jadul tersebut adalah untuk lindungi keamanan penggunanya.

Sebab aplikasi jadul ini tidak manfaatkan update di Android dan iOS, yakni Application Programming Interface (API) baru, atau metode pengembangan baru yang hadirkan peningkatan proteksi. Sehingga aplikasi jadul ini bisa jadi celah keamanan bagi pengguna dibanding aplikasi yang rutin di update.

Di sisi lain, beberapa developer keluhkan kebijakan dihapusnya aplikasi yang belum terima update selama dua tahun. Contohnya adalah developer game indie, di mana mereka memang cuma berikan update sedikit karena produknya memang dibuat sederhana. Mereka pun merasa bahwa kebijakan Apple dan Google tidak adil.

Meski begitu, kedua perusahaan tampaknya tidak bakal ubah keputusan. Kebijakan ini juga dinilai tepat buat lindungi keamanan pengguna.