Lenovo Pamerkan Thinkpad X13s, Laptop Pertama yang Pakai Snapdragon 8cx Gen 3

Recent articles

Gamelogue.id, Jakarta – Lenovo pemerkan beragam teknologi dan produk terbarunya di pameran teknologi Mobile World Congress (MWC) 2022 yang digelar di Barcelona, Spanyol. Salah satu produk yang dipamerkan adalah laptop Thinkpad X13s.

Namun, laptop ini tidak ditenagai dengan prosesor (CPU) buatan Intel atau AMD, melainkan dibekali dengan chip berarsitektur ARM terbaru buatan Qualcomm yang diumumkan Desember 2021 lalu, yaitu Snapdragon 8cx Gen 3.

Bisa dibilang, Thinkpad X13s jadi laptop pertama di dunia yang pakai prosesor Snapdragon 8cx Gen 3. Tidak disebutkan performa chip buatan Qualcomm tersebut apabila disandingkan dengan CPU Intel atau AMD.

Snapdragon 8cx Gen 2 performanya diklaim 85% lebih gesit dibanding pendahulunya. Kehadiran chip ARM ini juga bikin laptop tersebut hadir dengan berbagai fitur baru. Mulai dari dukungan 5G untuk pertama kalinya di laptop seri Thinkpad, sampai sistem pendingin yang lebih sunyi karena tak memerlukan komponen kipas seperti laptop pada umumnya.

Untuk konfigurasinya, chip Thinkpad X13s tersebut bisa dipadukan dengan konfigurasi RAM LPDDR4X sampai 32 GB, media penyimpanan SSD sampai kapasitas 1 TB. Laptop ini dibekali punya baterai berkapasitas 49,5 Whr yang diklaim bisa dipakai buat menonton video 1080p selama 28 jam tanpa henti.

Fitur pendukung lainnya yang ada di laptop ini ada webcam beresolusi 5 MP yang dilengkapi fitur AI Auto Framing untuk fokuskan kamera ke pengguna secara otomatis, serta Privacy E-shutter untuk blokir akses kamera saat tidak dipakai.

Ada juga dukungan WiFi 6E dan Bluetooth 5.2 untuk aspek konektivitas, fitur Always On atau Always Connected yang bikin laptop ini tetap terhubung dengan jaringan internet saat tersedia, ditambah dua buah konektor USB-C 3.2 Gen 2.

Lenovo Thinkpad X13s punya layar panel IPS berukuran 13,3 inci dengan resolusi 1.920 x 1.200 piksel. Layar ini dilengkapi fitur antiglare untuk hindari pantulan sinar matahari atau lampu, dengan tingkat kecerahan sampai 400 nits.

Bobot laptop ini sekitar 1 kg dengan dimensi ketebalan 13,4 mm, menjalankan sistem operasi (OS) Windows 11 Pro dan rencananya mulai dijual mulai Mei 2022 dengan harga termurah US$ 1.100 (Rp15,7 juta).