Lenovo Legion Y90, Pakai SSD Konfigurasi Raid 0

Recent articles

Gamelogue.id, Jakarta – Lenovo pamerkan lagi kemampuan ponsel gaming baru mereka yang bakal hadir, Legion Y90. Kali ini mereka pamerkan kemampuan chip storagenya.

Pertama, storage di Legion Y90 ini bukan cuma pakai chip UFS 3.1, tapi juga SSD. Hal ini memang bukan pertama kalinya ada ponsel yang pakai chip SSD jadi storage, karena Apple sudah melakukannya sejak iPhone X.

Tapi, Legion Y90 bukan sekadar pakai SSD, tapi juga chip UFS 3.1 yang dikonfigurasikan dengan RAID 0 untuk hasilkan kecepatan yang lebih tinggi. RAID sendiri adalah teknologi virtualisasi penyimpanan data yang kombinasikan beberapa drive fisik jadi satu.

Ada beberapa pilihan konfigurasi dengan tujuan berbeda, misalnya RAID 1 untuk keamanan data (1 storage akan dijadikan backup), atau RAID 0, seperti yang dipakai di Legion Y90.

Dalam konfigurasi RAID 0, data yang disimpan bakal dibagi ke dua atau lebih storage. Jadinya kecepatannya (secara teori) bakal setara dengan jumlah dari kecepatan masing-masing storagenya.

Di sisi lain, ada kelemahan dari RAID 0, yaitu tidak ada redundansi atau penumpukan data. Jadi jika satu chip storage rusak, maka semua datanya termasuk di chip yang lain juga bakal ikut rusak.

RAID 0 ini biasa dipakai di PC ataupun laptop kelas atas, tapi mungkin ini pertama kalinya dipakai di ponsel yang tersedia secara komersial. Lenovo mengklaim kecepatan baca dan tulis di storage Legion Y90 bakal naik 50%.

Ponsel gaming ini rencananya bakal dirilis pada 28 Februari, dan merupakan penerus dari Legion 2 Pro. Untuk layarnya berukuran 6,92 inch AMOLED, dengan SoC Snapdragon 8 Gen 1.

Sedangkan baterai berkapasitas 5.600 mAh dengan fast charging 68W, yang diklaim bisa isi penuh baterai dual cell yang dipakai dalam waktu 36 menit.