Lebih Laris Mana Antara PlayStation 5, Xbox Series X/S, dan Nintendo Switch?

Recent articles

Gamelogue.id, Jakarta – Konsol game terbaru dari Sony yaitu PlayStation 5 (PS5), Microsoft yaitu Xbox Series X/S, dan punya Nintendo yaitu Switch memang paling diminati para penggemar. Ketiga konsol itu bersaing keras untuk pikat hati para gamer di seluruh dunia dengan masing-masing keunggulannya.

Di antara ketiga konsol itu, lalu manakah yang paling laris? Ternyata PS5 jadi konsol paling laris di antara konsol lain saat ini. Penjualannya lebih banyak dibanding Nintendo Switch dan Xbox Series X/S.

Sony dikabarkan sudah berhasil jual lebih dari 7 juta PlayStation 5 (PS5) per 31 Maret 2021. Hal ini jadi bukti bahwa kesuksesan PS5 tetap terjaga, meskipun saat ini pandemi masih terus bergulir.

Selama periode perilisannya, PS5 secara signifikan lebih menguntungkan dibandingkan konsol lainnya. Sejak rilis perdananya pada November 2020, PS5 sudah terjual sampai 7.763.924 unit.

Angka itu lebih banyak dibandingkan dua pesaingnya, yaitu Xbox Series X/S dan Nintendo Switch selama 23 minggu yang sama. Untuk Switch sendiri sudah terjual sebanyak 5.008.963 unit.

Sedangkan Xbox Series X/S berada di posisi ketiga dengan penjualan hingga 4.668.963 unit. Melihat pangsa pasar selama 23 minggu sejak perilisannya, PlayStation 5 saat ini masih berada di atas. PlayStation 5 punya pangsa pasar sebanyak 44,5%. Sedangkan Nintendo Switch di angka 28,7% dan Xbox Series X/S di 26,8 %.

Tapi perlu diingat, meskipun Switch jadi generasi terakhir dari Nintendo, tapi ia termasuk ke generasi saat ini. Bila tolok ukurnya dari penjualan sejak awal Switch rilis, konsol ini jelas punya jumlah unit yang terjual lebih banyak dari PS5 dan Xbox Series X/S.

Meskipun tampaknya konsol generasi sekarang punya kinerja yang cukup baik, penjualan tetap dipengaruhi oleh kekurangan komponen yang dibutuhkan. Hal ini mengingat masih sulitnya produksi PS5 maupun Xbox Series X/S dengan cepat.

CEO PlayStation, Jim Ryan, membawa kabar baik bagi para penggemar PlayStation, ia menjelaskan bahwa situasi akan jadi lebih baik pada tahun ini. Karena pihaknya sedang bernegosiasi dengan mitra industri untuk tingkatkan produksi. Tujuannya untuk tutupi kekurangan pasokan dan tawarkan lebih banyak konsol PS5 untuk penggemar pada akhir tahun 2021. Data terbaru pun menunjukkan bahwa kesenjangan penjualan akan terus bertambah, dan PS5 akan tetap memimpin ke depannya.