Honor Rilis Magic 4 Series, Pakai Snapdragon 8 Gen 1

Recent articles

Gamelogue.id, Jakarta – Honor luncurkan dua smartphone terbarunya dari seri Honor Magic 4 di acara pameran teknologi, Mobile World Congress (MWC), yang digelar di Barcelona, Spanyol.

Kedua ponsel tersebut yaitu Honor Magic 4 dan Honor Magic 4 Pro. Kedua ponsel ini dibekali dengan chipset Snapdragon 8 Gen 1. Namun, Honor Magic 4 Pro diposisikan sebagai model yang paling atas. Ponsel ini punya keunggulan dibandingkan Honor Magic 4 versi “reguler”.

Salah satu keunggulannya yaitu punya fitur pengisian ulang cepat (fast charging) sampai 100 Watt yang bisa dilakukan secara wireless ataupun kabel. 

Spesifikasi Honor Magic 4 Pro

Honor Magic 4 Pro punya layar Flex OLED 6,81 inci dengan resolusi 1.213 x 2.848 piksel. Layar ponsel ini juga support refresh rate 120 Hz, disertai teknologi Motion Sync yang bikin layar ponsel bisa sesuaikan refresh rate secara otomatis.

Honor juga sematkan fitur touch sampling rate 360 Hz dan HDR Effect untuk tingkatkan kualitas video dari SDR ke HDR, serta HDR ke HDR+. Perusahaan mengklaim ponsel ini jadi ponsel pertama yang punya layar LPTO dengan 1920 Hz Pulse-Width Modulation (PWM) Dimming.

Honor Magic 4 Pro ditopang oleh chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang dipadukan dengan GPU dan didukung teknologi Honor Turbo X, agar game bisa berjalan dengan mulus. Selain itu, chip ini juga dipasangkan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan 256 GB.

Untuk kamera belakangnya, Honor Magic 4 Pro punya tiga kamera meliputi kamera utama 50 MP, ultra wide 50 MP 122 derajat, serta kamera periskop 64 MP dengan zoom optik 3,5x dan zoom digital 100x. Ketiga kamera ini ada dalam modul berbentuk lingkaran. Kamera ponsel ini juga didukung fitur stabilisasi video baik OIS maupun EIS.

Sedangkan untuk kamera depannya, Honor Magic 4 Pro punya kamera depan dengan resolusi 12 MP yang tawarkan sudut pandang sampai 100 derajat. Ada juga kamera kedalaman 3D di bagian depan untuk menunjang fitur pengenal wajah.

Selain itu, Honor Magic 4 Pro dilengkapi dengan chip keamanan khusus untuk tingkatkan privasi pengguna. Ada juga fitur “Just Say to Me”, yaitu fitur telepon yang didukung AI agar suara panggilan terdengar jelas. Fitur keamanan lainnya yaitu pemindai sidik jari (fingerprint) ultrasonik generasi kedua.

Dari segi baterai, Honor Magic 4 Pro punya baterai berkapasitas 4.600 mAh dengan dukungan pengisian ulang cepat 100 Watt baik secara wireless maupun kabel. Baterai Honor Magic 4 Pro diklaim bisa terisi dari 0 sampai 50% cuma dalam 15 menit.

Selain itu, Honor Magic 4 Pro juga didukung dengan sertifikasi IP68 yang bikin ponsel ini tahan dari debu dan air. Honor Magic 4 Pro berjalan dengan sistem operasi Android 12 yang dipoles antarmuka Magic UI 6.

Spesifikasi Honor Magic 4

Spesifikasi Honor Magic 4 versi “reguler” ini lebih rendah dibanding model Pro. Dari sisi layar, Magic 4 punya ukuran maupun fitur yang sama dengan model Pro. Namun, resolusi layarnya lebih rendah yaitu 1.224 x 2.664 piksel. Begitu juga dengan sektor dapur pacu yang ditopang chipset Snapdragon 8 Gen 1, RAM 8 GB serta memori internal 256 GB.

Pembeda utama dari model Pro adalah dari sektor kameranya. Magic 4 dibekali kamera 50 MP sebagai kamera utama, ultra wide 50 MP (122 derajat) dan 8 MP yang menawarkan zoom digital 50 kali. Sedangkan kamera depannya punya resolusi 12 MP (100 derajat) tanpa kamera untuk sensor kedalaman.

Baterai Magic 4 berkapasitas lebih besar dibanding model Pro, yaitu 4.800 mAh. Akan tetapi, dukungan pengisian ulang cepatnya 66 Watt. Selain itu, Magic 4 juga didukung sertifikasi IP68. Ponsel ini juga berjalan dengan sistem operasi Android 12 dan antarmuka Magic UI 6.

Dukungan lainnya yang disematkan Honor pada kedua ponsel ini yaitu dual band WiFi, 5G, GPS, serta USB tipe C. Kedua ponsel ini diluncurkan secara global oleh perusahaan. Namun, ketersediaannya diklaim bakal segera diumumkan dalam waktu dekat.

Untuk harga dan ketersediaan, Honor Magic 4 series hadir dalam varian warna Cyan, Gold, Black, dan White. Secara khusus untuk model Pro bakal hadir dalam warna Orange. Harga Magic 4 “reguler” dibanderol 899 euro (sekitar Rp14,3 juta), sedangkan Honor Magic 4 Pro dibanderol dengan harga 1.099 euro (sekitar Rp17,5 juta).