GTA V Jadi Game Terlaris Kedua Sepanjang Sejarah

Recent articles

Gamelogue.id, Jakarta – Setelah 8 tahun hadir dan hibur para pemain, game Grand Theft Auto V (GTA V) sukses catatkan rekor baru. Sejak dirilis pada September 2013 lalu, game ini sudah terjual 160 juta kopi. Jumlah ini bikin GTA V jadi game terlaris nomor dua sepanjang sejarah.

Sampai saat ini, predikat game terlaris masih dipegang Minecraft dengan total 200 juta kopi game yang sudah terjual.

Pencapaian besar yang diraih GTA V ini diumumkan lewat sebuah laporan yang dirilis Take Two, perusahaan yang menaungi developer seri game populer seri GTA. Menurut tersebut, GTA V juga dinobatkan jadi salah satu game terlaris di AS dalam satu dekade terakhir. Gelar tersebut diberikan berdasarkan pendapatan dan penjualan unit game.

Take Two juga klaim bahwa GTA V jadi salah satu game tercepat yang berhasil meraup pendapatan sebesar US$ 1 miliar (Rp 14,3 triliun). Secara keseluruhan, seri game Grand Theft Auto dilaporkan sudah terjual sebanyak 370 juta kopi game. Sebagai perbandingan, seluruh waralaba game Pokemon yang terjual sudah tembus 380 juta kopi.

GTA V dinilai jadi salah satu seri game yang paling sukses karena mampu sajikan konten menarik dan gameplay yang seru. Take Two mengklaim GTA V merupakan satu dari di antara banyak game yang pertama kali bawakan konsep open-world.

Luasnya map (peta) dan banyak misi yang diberikan, pemain bisa lakukan eksplorasi dan eksperimen dengan beragam elemen yang ada di game.

Selain itu, popularitas yang diraih GTA V kian meroket karena kehadiran GTA Online. Game multiplayer ini pertama kali diperkenalkan sebagai ekspansi dari GTA V. Rockstar Games sepertinya ingin terus bikin pemain tetap setia dengan beragam update yang diberikan secara gratis.

Sampai saat ini GTA Online sudah hadirkan setidaknya 40 update ke game. Belum lama, Rockstar Games juga umumkan rencana besar untuk GTA V dan GTA Online. Seri game online ini akhirnya bakal dapatkan versi standalone pada 15 Maret 2022.

Mereka juga bakal bawa GTA V ke konsol next-gen seperti PlayStation 5 (PS5), Xbox Series X, dan Xbox Series S di hari yang sama. Tapi, belum diketahui secara pasti apakah GTA V dan GTA Online bakal terus berhasil cetak pemain baru, terutama karena kabar kehadiran GTA 6.

Awal Februari lalu, Rockstar Games konfirmasi bahwa saat ini pihaknya sedang lakukan pengembangan untuk game penerus GTA V itu. Tidak disebutkan secara pasti judul game yang bakal dibikin, tapi ada kemungkinan bahwa game lanjutan tersebut bakal pakai judul GTA 6 atau GTA VI.

Selain informasi tersebut, detail seputar GTA 6 masih belum terlalu banyak. Rockstar Games masih belum sampaikan kabar lebih lanjut seputar gameplay, engine yang dipakai, atau tanggal rilis dari GTA 6.