Canon Resmi Rilis EOS R5 C, Kamera Mirrorless Sinema Buat Bikin Video dan Foto Kualitas Tinggi

Recent articles

Gamelogue.id, Jakarta – Canon lewat PT Datascrip, distributor tunggal produk pencitraan digitalnya di Indonesia, resmi hadirkan kamera sinema mirorlessfull-frame EOS R5 C. Perangkat kamera yang digadang-gadang sebagai kamera hybrid ini bawa sistem EOS Cinema dan teknologi EOS R5 dalam satu kamera.

Canon EOS R5 C punya kemampuan tanpa batas untuk rekam video dengan kualitas 8K dan pengambilan foto beresolusi 45 megapiksel. Kualitas gambar super tinggi ini berikan kenyamanan untuk dapatkan detil atau lakukan crop saat proses editing.

Director of Canon Business Unit PT Datascrip, Monica Aryasetiawan, menjelaskan bahwa kamera ini merupakan kamera hybrid yang bisa diandalkan untuk ambil gambar berkualitas tinggi, baik video maupun foto. Canon EOS R5 C merupakan paket lengkap yang ideal untuk beragam pekerjaan, mulai dari multimedia jurnalis dan bidang lain yang perlu kualitas gambar yang tinggi, seperti dokumentasi seremonial pernikahan, produksi video dan foto iklan, sampai pembuatan film seri.

EOS R5 C dibekali sensor 8K CMOS full-frame 45 megapiksel, jadi mampu hasilkan video dengan kualitas video 8K/60p RAW. Pengguna juga bisa bikin adegan slow motion yang keren dengan perekaman high frame rate sampai 4K/120fps, ditambah dukungan perekaman audio simultan, tidak perlu lagi pakai input audio terpisah yang biasa dipakai dalam perekaman high frame rate konvensional.

Canon juga selipkan sistem pendingin aktif di kamera ini, jadi bisa berikan keleluasaan pengambilan video 8K dalam waktu yang lama.

Pengguna juga bisa lakukan oversampling untuk hasilkan video 4K / 4:2:2 / 10bit berkualitas gambar tinggi. Untuk kemudahan proses pascaproduksi, EOS R5 C didukung dengan C-log 3 untuk hasilkan gradasi warna yang lebih kaya, sehingga lebih fleksibel dalam proses color-grading, bahkan untuk menghasilkan warna gambar yang sinematik. Adanya teknologi HDR dengan format HLG dan PQ juga tentunya bakal berguna saat merekam dengan kontras tinggi.

Berkat prosesor gambar DIGIC X berkecepatan tinggi serta kemampuan high speed continuous shooting yang stabil, pengguna bisa memotret dengan mode continuous still shooting dengan kecepatan 20 fps pada resolusi penuh, hal itu bisa bikin pengambilan gambar berkualitas tinggi bahkan pada subjek yang bergerak.

Canon EOS R5 C juga hadirkan gambar yang sangat tajam di seluruh lebar sensor full-frame-nya berkat teknologi Dual Pixel CMOS AF II dan EOS iTR AF X, ditambah Eye Detection AF dan Animal Detection AF yang bisa deteksi setiap gerakan subjek dengan akurat, bahkan saat subjek tidak menghadap kamera.

Juga fitur performa low light saat ambil gambar di tempat yang minim cahaya juga bisa diatasi dengan sensitivitas ISO sampai 51.200 dan rentang kecerahan fokus sampai EV-6.

Beberapa mode AF, seperti Dual Pixel Focus Guide sangat berguna saat pemfokusan manual juga menawarkan kontrol dan fleksibilitas yang lebih besar saat membidik. Ditambah lagi dengan LCD layar sentuh vari-angle, pemfokusan otomatis jadi lebih intuitif dengan kontrol sentuh langsung.

Kamera ini juga dilengkapi berbagai macam format perekaman untuk penuhi setiap kebutuhan. Salah satunya, Cinema RAW Light (12-bit) yang simpan data rekaman RAW dalam ukuran file yang lebih ringan, bahkan bisa dilakukan dalam mode perekaman internal.

Ditambah juga dengan format XF-AVC yang penuhi standar siaran MXF dan format MP4 HEVC/H.264 yang serbaguna, support perekaman proxy dalam bitrate yang lebih rendah untuk proses editing video yang lebih efisien.

Adapun fitur paling unik dari Canon EOS R5 C ini, yaitu dual system dengan tampilan dua antarmuka yang berbeda untuk foto dan video. Saat pakai mode PHOTO maka akan tampil antarmuka yang sama dengan EOS R5, yang hadirkan fitur dan kinerja untuk kebutuhan fotografi.

Namun, saat tombol diputar ke mode VIDEO maka akan aktifkan tampilan antarmuka Cinema EOS, yang terlihat seperti di EOS C70, dengan menu khas Cinema EOS. Di kamera ini juga punya terminal Timecode yang dibutuhkan profesional videografer dan editor, yang berguna buat sinkronisasi antarkamera dalam pengaturan multikamera pada saat pascaproduksi.

Untuk media penyimpanannya, ada dua slot kartu memori yang bikin pengguna bisa gabungkan CF-Express Tipe B dan kartu memori SD UHS II. Perekaman simultan dengan format 4K XF-AVC, MP4, dan data proxy juga bisa diaktifkan bahkan saat perekaman internal 8K RAW.

Canon EOS R5 C punya bodi yang ringan (680g) dan ringkas hampir seukuran EOS R5, serta materialnya dari magnesium alloy bikin kamera ini tahan terhadap debu dan tetesan air, sehingga berikan kebebasan untuk abadikan momen di mana pun dan dalam kondisi apa pun.

Untuk harganya, PT Datascrip selaku distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia membanderol kamera mirrorless full-frame sinema Canon EOS R5 C ini dengan harga Rp84.580.000.