Bocoran iPhone 14 Series, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max Bakal Pakai Chipset Terbaru Apple

Recent articles

Gamelogue.id, Jakarta – Apple dirumorkan bakal luncurkan jajaran produk iPhone terbaru di tahun 2022 ini. Rumor terkait hal ini pun kini sudah beredar luas di internet.

Seorang analis dan pembocor terkenal berbagai produk Apple, Ming-chi Kuo, mengklaim bahwa iPhone untuk tahun bakal lanjutkan penomoran generasi sebelumnya, yaitu bernama iPhone 14.

Lewat sebuah cuitannya di akun @mingchikuo, Kuo lantas menyebut bahwa ada empat model iPhone 14 yang bakal diperkenalkan Apple di semester kedua 2022.

Adapun keempat model tersebut, seperti iPhone 14 ‘reguler’ (dengan layar 6,1 inci), iPhone 14 Max (dengan layar 6,7 inci), iPhone 14 Pro (dengan layar 6,1 inci), dan iPhone 14 Pro Max (dengan layar 6,7 inci). Jika kabar ini benar, maka iPhone model ‘Mini’ sepertinya bakal dipensiunkan Apple setelah hadir di dua seri iPhone 12 dan iPhone 13.

Kuo pun mengatakan bahwa iPhone 14 dan iPhone 14 Max, dua model yang tidak pakai istilah ‘Pro’, tidak akan ditenagai dengan A15 Bionic, yaitu chipset Apple yang diperkenalkan di jajaran iPhone 13 Series. Selain itu, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max bakal diotaki chipset Apple paling mutakhir yang diduga bernama A16 Bionic.

Menurut beberapa laporan, penamaan chipset A15 Bionic sendiri sepertinya bakal sedikit diubah seperti beberapa nama chipset A12 Bionic yang tenagai sejumlah produk iPad Pro, seperti A12X Bionic atau A12Z Bionic.

Kuo melanjutkan, semua model iPhone 14 ini bakal dibekali dengan RAM 6 GB, yaitu RAM LPDDR4X untuk iPhone 14 dan iPhone 14 Max, lalu LPDDR5 untuk iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Apple sebenarnya tidak pernah ungkapkan kapasitas RAM iPhone. Namun, dengan perbedaan jenis RAM ini, iPhone 14 versi Pro tentunya bakal lebih cepat dibanding iPhone 14 ‘reguler’.

Selain itu, iPhone 14 Series juga dikabarkan bakal jadi iPhone pertama yang tidak pakai notch. Kuo memprediksi iPhone 14 bakal pakai kamera hole-punch dengan sensor Face ID yang ditanam di bawah layar.

Perlu diingat, bahwa informasi terkait model dan spesifikasi iPhone 14 yang dibagikan Kuo ini belum bisa dipastikan kebenarannya lantaran merupakan bocoran atau rumor. Apple sendiri secara resmi belum umumkan hal apapun terkait keberadaan iPhone 14. Selain itu, penerus iPhone 13 juga belum tentu akan dinamai dengan iPhone 14.