AMD Resmi Rilis Ryzen 6000 Mobile

Recent articles

Gamelogue.id, Jakarta – Setelah pertama kali dipamerkan di ajang CES 2022 lalu, akhirnya AMD resmi rilis Ryzen 6000 Mobile.

Ryzen 6000 Mobile dibuat berbasis desain APU yang benar-benar baru. Semuanya diperbarui, dari mulai core CPU Zen 3+, GPU terintegrasi RDNA 2, sampai support DDR5 dan masih banyak lagi.

Sebelumnya, APU AMD memang terbilang jadul dari beragam fitur dan dukungannya. Termasuk dukungan GPU terintegrasi Vega yang sudah ada sejak lama. Dengan update di Ryzen 6000 ini, tampaknya APU Ryzen bisa bersaing dengan prosesor Intel generasi ke-12.

Perubahan arsitektur Zen 3 ke Zen 3+ adalah salah satu peningkatan besar di prosesor ini. AMD mengklaim ini adalah core yang sangat efisien. Jadi, AMD fokuskan pada kurangi konsumsi daya dan optimasi untuk efisiensi.

Peningkatan performa di sektor IPC (instruction per cycle) menurut AMD tidak terlalu besar. Ditambah lagi tata letak cachenya pun terbilang sama di L3 16MB dan L2 4MB.

Peningkatan di sektor efisiensi ini dilakukan dengan kurangi kebocoran dan manajemen daya. AMD juga mengklaim ada 50 perubahan yang ada di Zen 3+ dibanding Zen 3 demi efisiensi tersebut.

Namun, efisiensinya juga terbantu dari perubahan fabrikasi N7 ke N6 (keduanya milik TSMC), yang berikan peningkatan perbandingan performa vs tenaga berkat pemakaian lapisan EUV dalam proses produksi. Walaupun sebenarnya perubahan fabrikasi dari 7nm ke 6nm memang tidak terlalu besar.

Selain itu, AMD pun mengklaim daya tahan baterai laptop dengan Ryzen 6000U ini 8% lebih lama di Windows saat idle, 12% di modern standby, dan 17% saat memutar video, semua jika dibandingkan prosesor 5000U, yang sama-sama punya TDP 15W.

Di CES, AMD menjelaskan bahwa konsumsi dayanya juga lebih irit 30% untuk konferensi video, 15% untuk browsing dengan Chrome, dan seterusnya.

Kemudian di sektor GPU, RDNA 2 ini tersedia dalam dua pilihan konfigurasi. Yaitu Radeon 680M di Ryzen 7 dan Radeon 660M di Ryzen 5. Perbedaannya yaitu 12 vs 6 compute unit, dan clock speed 2,4GHz vs 1,9GHz.

Ryzen 6000 Mobile juga support USB4 dengan beragam fiturnya, seperti PCIe over USB, power delivery 240W, berbagai protokol display, dan lainnya. AMD USB4 juga support perangkat Thunderbolt.